Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melakukan Mani-Padi Sendiri

Kompas.com - 25/06/2009, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Ada sebagian orang yang menghabiskan uang lebih banyak di salon untuk mempercantik kuku ketimbang perawatan lainnya. Padahal, sebenarnya Anda bisa menghemat sejumlah uang jika melakukan perawatan untuk kuku sendiri di rumah.

Manicure
Langkah 1: Persiapan
Setelah Anda membersihkan kuku dari bekas kuteks atau sisa kotoran lainnya, haluskan dengan nail buffer. Olesi kutikula dengan minyak zaitun agar lebih lembut, lalu dorong perlahan menggunakan kayu khusus untuk kutikula (mudah dicari di toko obat). Bersihkan kembali dengan kapas yang dicelupkan pembersih kuku. Jika Anda berencana untuk mengenakan kuteks, disarankan untuk mengaplikasikan base coat. Base coat diperlukan untuk membuat hasil tampilan kuteks terlihat mulus, tidak ada garis-garis bayangan karena kuku tidak rata.  

Langkah 2: Warnai
Aplikasikan warna dua kali dengan lembut. Pegang tutup kuteks di bagian tengah, jangan di ujungnya, agar Anda memiliki kontrol lebih.

Langkah 3: Sabar
Tunggu hingga kuku Anda mengering sendiri, tiupan akan menimbulkan gelembung-gelembung. Tak perlu menggunakan minyak pengering khusus, karena hanya akan membuat kuteks mudah patah. Jika keesokan hari ternyata memang ada bagian kuteks yang patah, cukup oleskan sedikit kuteks di bagian tersebut, lalu akhiri dengan top coat di keseluruhan kuku.

Pedicure
Langkah 1: Lembutkan
Usir kapalan di tumit telapak kaki di kamar mandi. Akan lebih mudah untuk menghilangkan kulit mati ketika kulit dalam keadaan lembab. Begitu kaki mengering, oleskan krim tubuh.

Langkah 2: Potong kuku
Potong kuku hingga sebatas ujung jari jemari, jika lebih pendek, Anda akan berisiko mengalami cantengan. Berikan minyak zaitun untuk melembutkan kutikula, lalu dorong agar terkelupas. Bersihkan kuku dengan cairan pembersih kuku.

Langkah 3: Warnai
Berikan base coat, lalu berikan kuteks berwarna terang dua lapis. Semakin terang warna cat kuku, makin terlihat cantik di kaki yang indah, apalagi dipermanis dengan sepatu cantik. Tambahkan top coat, untuk menjaga agar kuteks Anda terlihat cantik lebih lama.

Oh, tidak, kuas kuteks Anda menyenggol bagian kulit? Tenang, celupkan cotton buds bersih ke dalam cairan pembersih kuteks, lalu bersihkan. Mudah, kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com