Hidup dengan Wasir

Kompas.com - 09/07/2009, 14:32 WIB
Editor

KOMPAS.com — Ya, wasir alias ambeien in haemorrhoid memang bukan penyakit berat. Sudah puluhan tahun diderita, tetap saja tidak memburuk. Parah tidaknya wasir seseorang tergantung bagaimana hidup damai berdampingan dengan penderitaan wasirnya.

Tentu tidak semua orang kena wasir. Hanya pada mereka yang ada gangguan organ hati, yang buang air besarnya sering keras, dan sering mengedan, pembuluh darah balik dinding duburnya berangsur-angsur membengkak. Pembengkakan pembuluh balik ini yang kemudian membentuk wasir.

Sekali sudah membengkak, berarti ada titik lemah di bagian pembuluh itu. Setelah mereda, pembuluh akan mengempis kembali dengan sendirinya. Apalagi bila dibantu dengan obat minum, selain obat supositoria yang dimasukkan ke liang dubur. Namun, wasir berpotensi membengkak kembali bila terulang buang air besar keras dan mengedan kelewat kuat.

Pasien wasir sudah amat berpengalaman dengan kejadian kambuh penyakitnya. Acara setiap pagi berhadapan dengan kejadian wasir. Sering kambuh bila satu hari saja terlambat buang air besar.

Kumatnya wasir belum tentu berdarah. Ada kalanya hanya menyisakan rasa nyeri di liang dubur. Mungkin hanya bikin lecet liang dubur belaka.

Parah tidaknya penyakit wasir tergantung di mana lokasi wasirnya. Wasir bagian luar lebih nyeri bila dibandingkan dengan wasir bagian dalam. Wasir yang pernah berdarah menyisakan peradangan di sekitar. Tak jarang terinfeksi karena bersentuhan dengan tinja. Tinja bisa ada bibit penyakitnya.

Jangan lupa, perdarahan wasir sering bikin anemia juga. Perhatikan bila pengidap wasir terlihat pucat, bisa jadi sudah kurang darah.

Sesungguhnya wasir yang belum terbentuk bisa dicegah. Yang punya gangguan hati, atasi penyakitnya sebelum berkomplikasi menjadi wasir. Yang sudah telanjur wasir, rawatlah agar tidak sering kumat. Makin sering wasir kumat, makin membesar wasirnya. Wasir yang makin membesar makin bermasalah. Ujung-ujungnya perlu tindakan operasi karena obat saja sudah tak mungkin menolong.

Merawat wasir itu perlu dua hal. Pertama, buang air besar wajib teratur setiap hari sekurang-kurangnya satu kali. Kedua, agar bisa buang air besar teratur, tinja dibuat lembek dan tidak "kering". Untuk itu perlu kecukupan konsumsi buah-sayur. Pepaya paling ideal buat pengidap wasir. Dan supaya tinja tidak keras, cukup minum air putih.

Bila dengan kedua cara itu gagal membuat tinja mudah dikeluarkan, ada obat untuk pelembek tinja. Seringkali sebab pembentukan tinja tidak sempurna. Ini sering karena kekurangan unsur probiotik. Kita tahu, ada kuman baik (flora usus) dalam usus. Kuman baik dibutuhkan untuk membentuk tinja yang sehat, selain mengenyahkan kuman penyakit di usus. Bila probiotik kurang, tinja sering tak normal, dan usus acap terinfeksi.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.