Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jus Jeruk Sehatkan Jantung

Kompas.com - 21/07/2009, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Ingin terhindar dari penyakit jantung? Cobalah mengonsumsi segelas jus jeruk setiap hari. Orange juice atau jus jeruk diketahui mengandung hesperidin, senyawa flavonoid, yang bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, flavonoid menyehatkan sel-sel pembuluh darah sehingga fungsi endothial bekerja dengan baik. Gangguan pada sel-sel ini akan menyebabkan sumbatan pembuluh darah, penyebab utama serangan jantung dan stroke. Selain pada jus jeruk, flavonoid juga banyak terdapat pada buah anggur, anggur merah, teh hijau, dan cokelat.

Dalam studi mengenai jus jeruk, para peneliti melibatkan 24 orang sehat yang beresiko terkena penyakit pembuluh darah. Mereka diminta minum 500 mililiter jus jeruk setiap hari atau minuman yang diperkaya dengan 292 miligram hesperidin. Segelas jus jeruk seukuran 500 milimeter setara dengan 292 miligram hesperidin. Selama penelitian para responden mengonsumsi minuman tersebut selama sebulan penuh.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi jus jeruk atau minuman yang diperkaya hesperidin, memiliki fungsi endhotial yang lebih baik dan tekanan darah lebih stabil. Hasil studi ini akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Heart Associations Basic Cardiovascular Science.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com