Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Berenang bagi Gigi

Kompas.com - 30/07/2009, 23:02 WIB

KOMPAS.com - Berenang memang merupakan latihan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Penggabungan antara hiburan, hobi dan latihan, membuat berenang menjadi pilihan banyak orang. Namun, menurut American Journal of Dentistry, berinteraksi secara berlebihan dengan kolam renang berkaporit dapat mengikis dan mengotori email gigi kita.

“Memperbanyak kandungan kaporit memang dapat melindungi kolam renang dari bakteri, namun melakukannya secara berlebihan malah akan menurunkan kadar pH kolam dan memicu timbulnya asam yang berbahaya,” ujar Matt Messina, DDS, penasehat konsumen dari American Dental Association.

Cara pencegahan terbaik: Setiap kita berenang lebih dari satu jam, segeralah gosok gigi kita dan berkumurlah dengan menggunakan obat kumur berkandungan fluoride.

(Astrid Anastasia/Prevention)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com