Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bau Badan, Hidung Wanita Lebih Unggul

Kompas.com - 03/08/2009, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Jangan mentang-mentang sudah disemprot parfum, Anda lantas pede istri atau kekasih Anda tak akan mengenali bau keringat yang muncul. Karena dalam hal membaui aroma keringat, khususnya ketiak, wanita lebih unggul dibanding pria.

Ketajaman penciuman wanita tersebut menurut para ahli disebabkan karena secara biologis wanita lebih sensitif terhadap bau badan. Demikian hasil penelitian yang dilakukan para ahli dari Monell Chemical Senses Center, Philadephia, Amerika Serikat, lembaga nirlaba yang memfokuskan diri pada penelitian ilmiah mengenai rasa dan bau.

Dalam riset tersebut, para responden diminta membaui beberapa botol yang berisi keringat ketiak yang dikumpulkan dari relawan pria dan wanita. Para responden, baik pria dan wanita, memiliki kemampuan yang sama dalam mengenali bau badan mereka sendiri. Namun, saat ditambahkan dengan senyawa parfum yang biasa dipakai dalam produk deodoran, responden wanita tetap bisa mengenali bau badan dibandingkan dengan pria.

"Agak sulit mengelabui wanita dalam hal pengenalan bau badan. Sebaliknya, sangat mudah pada pria," kata Charles J.Wysocki, behavioral neuroscientist dari Monell.

Dari penelitian tersebut juga terungkap bau badan pria lebih sulit ditutupi bila dibanding dengan bau badan wanita. Meski bau badan pria dan wanita sama-sama kuat, namun hanya sembilan persen parfum yang dipakai yang mampu menutupi bau badan pria. Sedangkan untuk bau badan wanita, 25 persen parfum mampu menghilangkan bau badan wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com