Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Makan Benar, Puasa Lancar

Kompas.com - 25/08/2009, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Mumpung bulan puasa, segera perbaiki pola makan yang terlanjur berantakan. Puasa lancar, tubuh idaman pun Anda dapatkan.

Sahur secukupnya

Ketika sahur, bersantaplah dalam jumlah yang tidak berlebihan. Pasalnya, makan terlalu banyak bisa membuat kadar gula darah melonjak serta merangsang produksi hormon insulin secara berlebihan. Padahal, hormon insulin berguna mengangkut gula darah ke seluruh tubuh untuk mengubahnya menjadi glikogen atau lemak. Karenanya, ketika Anda makan terlalu banyak, jumlah glikogen dan lemak yang dihasilkan juga berlebih. Lemak yang berlebihan ini sukar diuraikan menjadi gula darah kembali. Akibatnya, Anda akan meraa lesu sepanjang hari.

Jangan kalap kala berbuka

Setelah berpuasa seharian, tubuh Anda memerlukan "pemanasan" terlebih dahulu sebelum diajak mencerna makanan dalam jumlah banyak. Jika tidak, lambung Anda bisa kaget dan kewalahan dalam mencerna makanan. Dr. Tarek Ali Rushdi, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, menganjurkan berbuka dengan 2 potong kurma kering dan setengah cangkir susu saja. Kandungan gizi yang tinggi di dalamnya baik untuk memulihkan stamina. Setelah salat, baru Anda dapat makan nasi dalam porsi sedang.

Banyak minum air putih

Sama penting dengan konsumsi makanan sebagai sumber energi, menurut Dr. Rushdi, asupan cairan dalam jumlah cukup amat Anda perlukan selama bulan puasa. Kurang cairan bisa membuat Anda dehidrasi dan menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh. Padahal, kelancaran sirkulasi darah penting untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sakit kepala, lemas, dan kurang mampu berkonsentrasi adalah beberapa tanda Anda kekurangan asupan cairan.

Simpan cadangan air

Selama berpuasa, usahakan agar cairan yang Anda minum dapat disimpan dengan baik oleh tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial GLA (gamma linoleic acid), yang dapat menambah kekenyalan dinding sel sehingga air tidak lekas "bocor". Jenis makanan yang mengandung GLA adalah sayuran hijau berbiji seperti buncis, kacang panjang, kacang polong, dan oyong.

Sayur dan buah tidak boleh alpa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com