Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Minum Obat Batuk

Kompas.com - 26/08/2009, 11:18 WIB

Sebenarnya batuk bisa sembuh sendiri, terutama bila pertahanan tubuh dapat mengeliminasi benda asing pada saluran napas tanpa obat. Namun, bila sistem pertahanan tubuh tidak sanggup mengeliminasi benda asing itu, diperlukan tambahan obat.

Sebelum mengonsumsi obat batuk, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Jangan mengonsumsi sisa antibiotik atau obat batuk yang diresepkan bagi orang lain, meskipun itu saudara kandung Anda sendiri. Demikian juga aturan untuk anak Anda. Konsumsi obat itu bersifat indiviual.

2. Baca label pada kemasan dan mengikuti seluruh petunjuk yang ada.

3. Jangan memberikan dosis obat batuk lebih dari yang direkomendasikan.

4. Jangan mengonsumsi obat batuk atau obat influenza bila Anda memiliki reaksi alergi terhadap obat tersebut di masa lalu.

5. Jika sebelumnya Anda telah disarankan untuk menghindari obat-obatan bebas, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsinya.

6. Jika Anda sedang hamil, jangan mengonsumsi obat-obatan selain asetaminofen kecuali dokter memang mengatakan tidak apa-apa.

7. Bila batuk terus berlangsung lebih dari dua minggu atau ada gejala pernapasan lain, segera hubungi dokter.

8. Perhatikan gejala lain yang muncul meski Anda sudah melakukan pengobatan di rumah, terutama bila simtom bertambah parah. Simtom ini seperti sesak dada dengan batuk, kesulitan bernapas, dan batuk semakin parah atau malah timbul demam. Waspadai bila batuk Anda berdarah.

9. Penting dipahami untuk menggunakan obat batuk secara tepat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com