Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa, Kok Malah Gemuk?

Kompas.com - 26/08/2009, 15:34 WIB

KOMPAS.com — Bulan puasa kerap kali disamakan dengan bulan berdiet karena sama dengan membatasi asupan makanan. Namun, keadaannya tidak seperti itu. Angka pada penimbang bobot tubuh justru menunjukkan adanya kenaikan berat tubuh? Wah, gawat!

Bukannya langsing, berpuasa malah membuat bobot tubuh Anda merangkak naik? Jika ya, maka bisa jadi ada yang salah dengan pola makan atau pola kegiatan Anda selama berpuasa. Kalau Anda terbiasa makan secara tidak teratur, maka selama bulan puasa, acara sahur dan berbuka menjadi rutinitas harian yang tak terlewatkan. Ini saja sudah menambah porsi makan Anda dibandingkan sebelumnya.

Belum lagi, menu berbuka yang terdiri dari makanan dan minuman manis bersantan, seperti kolak dan es cendol. Tentu saja kalori yang masuk makin banyak. Sepanjang bulan puasa, banyak orang juga biasanya malas beraktivitas dengan alasan takut haus. Padahal, hal ini membuat kalori yang masuk tidak terpakai dan menumpuk dalam bentuk lemak di dalam tubuh.

Bagaimana supaya tidak gemuk? Biasakan makan teratur sejak sekarang. Pilih menu rendah lemak, dan tetaplah aktif meski sedang berpuasa. (Nayu Novita/CHIC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com