Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunyahlah Permen Pasca Operasi Caesar

Kompas.com - 02/09/2009, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak ibu yang mengeluhkan gangguan konstipasi pasca operasi caesar. Bila dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara normal (per vaginam), fungsi pencernaan ibu yang melahirkan lewat operasi caesar memang lebih lama pulih.

Untuk mengatasinya, cobalah kunyah permen karet tanpa gula agar perut bisa bergerak. Saran itu disampaikan oleh peneliti dari Mesir. Dalam penelitian mereka, ibu-ibu yang mengunyah permen setelah dioperasi, fungsi perutnya lebih cepat pulih dan masa perawatan di rumah sakit pun bisa dipercepat.

Operasi caesar adalah melahirkan janin melalui sayatan dinding perut (abdomen) dan dinding rahim (uterus). Karena sayatan di abdomen tadi, fungsi usus pun jadi melambat yang berakibat pada terjadinya konstipasi atau sembelit pasca operasi.

Nah, mengunyah permen bisa merangsang respon sistem saraf dan membantu dilepaskannya hormon-hormon yang dibutuhkan pencernaan untuk menstimulasi aktivitas perut.

"Mengunyah permen adalah solusi yang aman dan murah. Para ibu yang terlibat dalam penelitian ini pun dengan senang hati melakukannya," kata Dr.Karim Abd El-Maeboud, dari Ain Shams University, Kairo, Mesir.

Dalam penelitian ini, para wanita yang mengunyah permen paska operasi, fungsi pencernaannya sudah normal kembali 21 jam pasca operasi. Sedangkan yang tidak mengunyah permen, pencernaannya baru normal 30 jam kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com