Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blewah, Cegah Kekurangan Cairan

Kompas.com - 04/09/2009, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Salah satu ciri buah yang baik dikonsumsi di bulan puasa sebaiknya mengandung kadar air, untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh. Karena itu blewah adalah buah yang disarankan untuk dikonsumsi.

Kandungan kalium blewah sangat baik, 267mg/100g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 16:1. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila rasio kalium-natrium minimal 5:1.

Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah, sebagai terapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan manfaat kalium dalam menurunkan risiko serangan stroke.

Blewah kaya akan gula dari monosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

Kandungan air yang tinggi membuat blewah sangat baik bagi penderita gout atau asam urat tinggi karena membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com