Blewah, Cegah Kekurangan Cairan

Kompas.com - 04/09/2009, 10:59 WIB
Editor

KOMPAS.com - Salah satu ciri buah yang baik dikonsumsi di bulan puasa sebaiknya mengandung kadar air, untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh. Karena itu blewah adalah buah yang disarankan untuk dikonsumsi.

Kandungan kalium blewah sangat baik, 267mg/100g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 16:1. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila rasio kalium-natrium minimal 5:1.

Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah, sebagai terapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan manfaat kalium dalam menurunkan risiko serangan stroke.

Blewah kaya akan gula dari monosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

Kandungan air yang tinggi membuat blewah sangat baik bagi penderita gout atau asam urat tinggi karena membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.