Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemon Manjur untuk Mengatasi Batuk?

Kompas.com - 07/09/2009, 20:53 WIB

KOMPAS.com - Di masa pancaroba seperti ini, penyakit seperti flu dan batuk biasanya mulai menyerang kita yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Bila terus-menerus minum obat batuk, rasanya kok bosan juga ya. Bagaimana bila kita minum air jeruk lemon seperti yang dilakukan banyak orang, adakah aturannya?

Pencegahan sebenarnya hal yang paling penting. Sejatinya, Ph darah kita selalu dalam keadaan sedikit basa (7,35 - 7,45). Bakteri dan virus tak bisa aktif jika tubuh bersifat basa. Bila di rumah Anda penyakit flu dan batuk tak pernah berhenti mampir, sepertinya Ph tubuh keluarga Anda kebanyakan bersifat asam. Itu sebabnya, daya tahan tubuh bisa turun. Bakteri dan virus juga berkembang.

Mengonsumsi makanan yang sehat, dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran, bisa membantu menangkal serangan bakteri dan virus. Sebab, buah dan sayuran bersifat netral dan basa. Makanan yang banyak mengandung vitamin C juga baik untuk kesehatan. Lemon mengandung sekitar 80-90 mg vitamin C. Kandungan antioksidan dalam lemon bisa menetralkan radikal bebas yang masuk ke tubuh kita.

Lemon juga bisa mengurangi sisa racun dari obat-obatan dan alkohol, mengurangi stres, membantu produksi darah merah, mengurangi reaksi alergi, membantu pembuatan kolagen, mengurangi penyakit lambung, dan lain-lain. Lemon organik memiliki kadar vitamin C 40% lebih tinggi, dibandingkan yang non-organik.

Lemon boleh diminum saat perut kosong, seperti pada pagi hari atau sebelum makan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, lemon baik untuk liver karena sifatnya basa (meski rasanya asam). Saat sedang flu atau batuk, minum lemon minimal 3-4 kali sehari. Bisa dicampur raw honey dan air hangat, atau cukup lemon dan air hangat saja bagi penderita diabetes. Jika flu atau batuk cukup parah, campur lemon dengan madu Manuka. Bisa juga ditambah lagi dengan 1-2 siung bawang putih (atau dalam bentuk kapsul).

Untuk sehari-hari, kita boleh mengonsumsi lemon sebebasnya karena tidak ada efek samping. Jangan lupa membilas mulut dengan air putih setelahnya, untuk mengurangi sensitivitas pada gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com