Gaya Hidup Sehat Mampu Kurangi Risiko Hipertensi

Kompas.com - 12/09/2009, 07:53 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Tekanan darah tinggi jangan dianggap remeh. Orang dengan hipertensi berisiko dua kali lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung, daripada yang tidak. Kabar baiknya, hipertensi dapat dikelola dengan gaya hidup sehat.

Dr Santoso Karo-Karo, pakar hipertensi dari RS Jantung Harapan Kita, Jumat (11/9) di Jakarta, mengatakan, tekanan darah digolongkan normal pada 130-139 (sistolik atau tekanan darah saat jantung memompa darah ke dalam nadi)/85-89 (diastolik atau jantung relaksasi). Jika tekanan darah selalu mendekati ambang atas bertahun-tahun, waspadai hipertensi.

”Setelah usia 35 tahun, tekanan darah meninggi. Pembuluh darah menebal dan kian kaku,” ujarnya.

Gaya hidup sehat, seperti pola makan kaya sayur, buah, dan rendah lemak, dapat menurunkan sistolik 11,4 poin dan diastolik 5,5 poin. Berat badan dijaga dalam kisaran body mass index 18,5-24,9 (berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan (meter) lalu dikuadratkan). Konsumsi garam tak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl) dan aktivitas fisik aerobik seperti jalan kaki 30 menit tiap hari.

Bagi penderita hipertensi, pengobatan berguna mengurangi kesakitan dan kematian akibat penyakit kardiovaskular dan ginjal. Terapi antara lain dengan obat hipertensi golongan penghambat reseptor angiotensin (angiotensin receptor blocker/ ARB) seperti valsartan—menurut penelitian Kyoto Heart Center dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.