Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bias Cahaya Buat Kesan Dramatis

Kompas.com - 29/09/2009, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Sebuah karya seni tampak lebih dramatis di bawah sorotan cahaya. Setiap detailnya terlihat jelas, sehingga "memaku" mata untuk terus menatapnya.

Sebuah kebanggaan bagi kita, jika bisa memajang sebuah karya seni di rumah. Tak selalu lukisan atau patung, sebuah elemen arsitektur yang mempercantik ruangan pun bisa disebut karya seni. Sayang rasanya, jika elemen cantik tersebut hanya sesaat memukau mata. Tonjolkan keindahannya dengan bantuan sorot cahaya.

Seperti halnya permainan bidang dinding di foto ini. Sorot lampu membuat detail dinding terlihat lebih jelas. Cahaya dari deretan lampu di atasnya juga menciptakan gradasi, yang menambah kesan dramatis. Permainan bidang di dinding ini menjadi semakin eye catching. Tidak sekadar menarik untuk dilirik, orang-orang mungkin akan berhenti sejenak untuk memperhatikannya.

Pencahayaan berperan cukup besar untuk memberikan drama pada sebuah ruangan maupun benda. Tapi bukan sembarang pencahayaan. Beberapa hal perlu menjadi perhatian, di antaranya adalah pemilihan warna cahaya. Aplikasikan lampu dengan cahaya kekuningan. Cahaya kuning memantulkan warna asli dari benda yang diteranginya.

Perhatikan pula penempatan lampunya, terutama untuk benda-benda berpermukaan kaca dan glossy. Hindari mengarahkan sorot lampu ke hadapan kaca, karena akan menimbulkan pantulan. Sebaiknya tempatkan lampu di bagian atas benda. Biarkan cahaya membias ke permukaannya.

Kemudian lihat hasilnya, elemen arsitektur atau karya seni apapun, akan semakin terlihat menarik. Begitu pula dengan tampilan ruangan dimana karya seni tadi ditempatkan. (iDEAonline/Anissa Q. Aini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com