Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Morning Sickness dengan Tusuk Jarum

Kompas.com - 30/09/2009, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Mual dan muntah di awal kehamilan lazim dialami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi akibat peningkatan kadar homron estrogen serta perubahan kadar HCG (human chorionic gonadotropin) yang berfungsi menjaga kantong kehamilan tetap melekat di dinding rahim.

Meski mual dan muntah atau biasa disebut gejala morning sickness ini tak bisa dicegah, namun gejalanya bisa dikurangi. Salah satu caranya adalah dengan metode akupuntur atau tusuk jarum.

Manfaat akupuntur untuk ibu hamil juga telah dibuktikan oleh para peneliti dari Australia's Women's and Children's Hospital dan Universitas Adelaide departemen obstetric dan ginekologi. Para peneliti melakukan ujicoba terhadap 593 wanita yang sedang hamil dengan usia kurang dari 14 minggu dan mengalami morning sickness.

Para relawan menerima metode tusuk jarum dalam setiap sesi yang berlangsung 20 menit selama empat minggu. Akupuntur yang diberikan bertujuan untuk menstimulasi titik-titik di bagian bawah lengan dan perut yang berkaitan dengan gejala mual dan muntah.

Hasilnya, baru dua minggu berjalan, para responden mengaku gejala mual dan muntahnya sudah banyak berkurang. Metode akupuntur ini kemudian dilanjutkan hingga minggu ke-empat. Penelitian ini disebut sebagai studi pertama yang bersifat komperhensif dalam menilai manfaat akupuntur untuk mengatasi keluhan ibu hamil di trisemester pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com