Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Blueberry, Jambu Batu pun Jadi!

Kompas.com - 01/10/2009, 20:39 WIB

KOMPAS.com - Ingin otak lebih sehat, makanlah buah blueberry, begitu saran para pakar kesehatan. Buah ini juga pernah dinobatkan sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Jumlah kalorinya cukup rendah, dan setara dengan anggur merah, yaitu 70 kcal/100 gr. Namun, rasanya yang agak masam, terkadang memaksa kita untuk menambahkan gula ke dalam jus buah blueberry. Padahal, ini sama saja dengan meningkatkan kadar kalori yang terkandung di dalamnya.

Di negeri kita, blueberry bisa dibilang pilihan yang cukup sulit, karena tidak bisa didapat dengan mudah. Selain itu, sebagai menu pokok berdiet, blueberry sebenarnya kurang ideal. Pasalnya, kandungan serat pada buah ini cenderung rendah, yaitu 3,9 gr/100 gr. Kita bisa menggantinya dengan jambu batu (jambu biji) yang kandungan seratnya lebih tinggi, sebesar 5,4 gr/100 gr. Mengonsumsi jambu batu dapat membuat kita kenyang lebih lama daripada memakan blueberry. Plus, buah ini juga lebih mudah didapat di pasaran. Harganya pun jelas lebih murah daripada blueberry.

 

(Christina/Prevention Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com