Pilih-pilih Karbohidrat Sehat

Kompas.com - 04/10/2009, 19:27 WIB
Editor

KOMPAS.com - Sudah kita ketahui bersama bahwa orang Indonesia mengalami "ketergantungan" dengan karbohidrat, khususnya nasi. Jika bila belum makan nasi, rasanya belum makan.

Namun, kita juga mengetahui bahwa karbohidrat terbuat dari tepung, yang diubah oleh tubuh menjadi gula ketika dicerna. Nasi, pasta, roti, kentang, dan sayuran yang mengandung tepung lainnya adalah beberapa di antaranya. Meskipun begitu, tak berarti kita harus menghilangkan karbohidrat dari asupan kita sehari-hari. Lebih bijak jika kita memilih jenis karbohidrat yang lebih sehat. Situs eHow memberikan beberapa tip memilih karbohidrat sehat:

1. Gantilah karbohidrat yang terbuat dari tepung putih dengan tepung gandum utuh, misalnya roti yang terbuat dari gandum utuh. Gandum utuh mengandung serat lebih tinggi, dan mengurangi simpanan karbohidrat di dalam tubuh.

2. Ganti pasta biasanya dengan pasta dari gandum utuh atau bayam, untuk mendapatkan asupan yang sehat. Pasta jenis ini juga bisa lezat kok jika diolah dengan saus favorit Anda.

3. Ganti kentang dengan sayuran lain bila memungkinkan. Pilih karbohidrat sehat seperti kembang kol, turnip (lobak), jicama, dan akar daun seledri. Rebus sayuran ini, lembutkan, dan bumbui sehingga terasa sedap. Meskipun begitu, tak perlu menghentikan konsumsi kentang sama sekali, karena kentang juga merupakan karbohidrat baik jika dikonsumsi secukupnya.

4. Makan buah segar sebagai bagian dari diet sehat. Pilih buah segar yang sedang musim, untuk menikmati cita rasa terbaiknya. Buah segar mengandung vitamin yang penting untuk kesehatan, selain mengandung kadar serat yang tinggi. Jika tidak tersedia buah segar, buah beku  yang tidak diproses dengan gula (seperti manisan) juga bisa jadi pilihan.

5. Tambahkan sayuran segar dalam menu makan Anda. Sayuran juga merupakan karbohidrat sehat, karena mengandung serat dan vitamin. Sayuran bisa memberikan lebih banyak vitamin jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, atau dikukus.

6. Tambahkan kacang-kacangan, karena bahan makanan ini merupakan sumber protein yang penting yang diperlukan tubuh. Kacang-kacangan adalah karbohidrat sehat yang juga tinggi kandungan seratnya, yang diperlukan untuk kesehatan pencernaan. Kebanyakan kaum vegetaian menggunakan kacang-kacangan sebagai sumber protein yang utama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.