Leher Sakit akibat Salah Posisi Tidur?

Kompas.com - 05/10/2009, 16:29 WIB
Editor

KOMPAS.com Pernah mendengar istilah “salah bantal”? Ya, sakit pada leher di pagi hari yang membuat Anda sulit menengok. Sakitnya bisa terjadi seharian. Saking sakitnya, mood Anda bisa berubah seharian karenanya. Bisa jadi, sakit pada leher ini terjadi karena posisi leher Anda tidak sempurna saat tidur, alias miring, sehingga membuat otot leher Anda kram.

Ahli kebugaran, Laurie Steelsmith, ND, menyarankan agar Anda meluangkan waktu saat mandi untuk meredakan ketegangan akibat kram otot pada leher. Menurutnya, leher yang tegang terjadi karena adanya sirkulasi darah dan cairan kelenjar yang lamban menuju jaringan otot. Gunakan terapi hidro kontras (contrast hyrdotherapy) di pagi hari di bagian yang sakit untuk menguranginya.

Caranya, ketika mandi dengan shower, siram leher yang sakit dengan air hangat selama 20 detik untuk meningkatkan aliran darah, lalu ganti dengan air dingin selama 10 detik. Lakukan hal ini selama 3 kali, dan selalu akhiri dengan air dingin. Ketika Anda usai mandi, tubuh Anda akan mengirimkan aliran darah ke arah kulit sehingga ada pembukaan pembuluh darah, dan leher tak lagi tegang.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.