Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Kanker Ancam Pasien HIV

Kompas.com - 08/10/2009, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Rendahnya sistem kekebalan tubuh orang yang terjangkit HIV menyebabkan mereka lebih rentan terkena tujuh jenis kanker. Meski begitu, diagnosis dan terapi sejak awal bisa menunda ancaman kanker tersebut.

Para peneliti dari Perancis menguji data dari tiga jenis kanker yang terkait dengan AIDS (Kaposi sarcoma, non-Hodgkin's lymphoma, dan kanker serviks), serta empat kanker yang tidak terkait dengan AIDS (Hodgkin's lymphoma, kanker paru, kanker hati, dan kanker anal) pada 52.278 orang yang terinfeksi HIV.

Peneliti dalam studi tersebut juga menganalisa kaitan antara defisiensi kekebalan tubuh, jumlah virus, terapi antiviral, serta timbulnya kanker. Secara umum, berkurangnya kekebalan tubuh meningkatkan risiko kanker.  Jumlah sel CD4 (jumlah CD4 mencerminkan kesehatan sistem kekebalan tubuh) merupakan faktor yang bisa memprediksi seluruh risiko kanker, kecuali kanker anal. Menurut catatan peneliti, kaitan antara risiko kanker dengan jumlah virus lebih rendah daripada kurangnya kekebalan tubuh.

Jumlah CD4 merupakan satu-satunya faktor risiko yang memprediksi Hodgnkin's lymphoma, kanker paru dan kanker hati. Meningkatnya risiko Kaposi sarcoma dan non-Hodgkin's lymphoma juga berkaitan dengan rendahnya jumlah CD4, tingginya jumlah virus HIV dan kombinasi terapi antiretroviral (cART).

Sementara itu jumlah CD4 yang tinggi berkaitan dengan rendahnya risiko kanker serviks. Risiko kanker anal meningkat bila jumlah CD4 kurang dari 200 sel per mikroliter dan jumlah virus lebih dari 100.000 per mililiter. Demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam The Lancet Oncology.

"cART lebih bermanfaat untuk memperbaiki bila jumlah CD4 di atas 500 sel per mikroliter, hal ini mengindikasikan diagnosis awal infeksi HIV dan perlunya terapi sejak awal," kata para peneliti. Selain itu para peneliti juga merekomendasikan pentingnya program skrining kanker untuk pasien HIV, terutama skrining kanker serviks untuk wanita yang positif HIV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com