Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Shopping yang Sukses

Kompas.com - 28/10/2009, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda berniat liburan ke Kalimantan atau Sulawesi, atau di tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi, tentu Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi tersebut. Hal yang sama berlaku saat Anda berniat berbelanja. Tanpa perencanaan yang matang, Anda hanya akan membeli benda-benda yang tidak pernah Anda gunakan. Sebelum menikmati sale yang ditawarkan di berbagai department store, simak langkah-langkah yang dibeberkan dalam buku keluaran majalah InStyle, The New Secrets of Style, berikut ini.

Langkah 1. Buat rencana
* Perhitungkan apa yang bisa Anda belanjakan. Sisihkan cukup uang untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan, tanpa menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda mampu. 
* Jika Anda sedang menghadapi hari yang menjengkelkan, entah di kantor atau di rumah, jangan berbelanja secara impulsif untuk mengangkat kembali mood Anda. 
* Berdandan dengan nyaman. Kenakan pakaian dalam yang sederhana untuk menghindari visible panty lines saat mencoba pakaian yang tipis atau ketat. Jika apa yang ingin Anda beli membutuhkan pakaian dalam khusus seperti strapless bra atau shaper, bawa juga perlengkapan ini.
* Hindari saat toko sedang penuh-penuhnya. Jika Anda terpaksa berangkat ke mal pada saat weekend, datanglah pada saat toko baru buka. 
* Hafalkan lokasi toko atau counter-nya. Hal ini untuk menghemat waktu, agar Anda bisa segera menemukan barang yang Anda cari, terutama jika Anda sudah mengincar sesuatu namun menunggu untuk membelinya sesudah gajian.  

Langkah 2: Fokus
* Berbelanjalah sendiri. Dengan demikian Anda bisa berkonsentrasi pada apa yang Anda cari, dan membuat lebih efisien dari segi waktu. Jika Anda senang berbelanja dengan teman-teman, namun tak ingin membuang waktu dengan berkeliling dari satu toko ke toko lain, katakan bahwa Anda sudah tahu apa yang dicari. Hargai pendapat teman-teman mengenai apa yang ingin Anda beli, dan pastikan Anda benar-benar mengenakan apa yang sudah Anda beli. 
* Ketahui apa yang cocok untuk Anda. Anda tentu tahu bentuk dan warna yang menonjolkan kelebihan Anda. Tentu saja, tidak berarti Anda harus berhenti bereksperimen. Yang penting Anda sudah tahu potongan, warna, bahan, dan gaya yang paling cocok untuk Anda. 
* Gunakan cermin tiga sisi. Cermin tiga sisi akan membantu memastikan pakaian yang Anda coba benar-benar nyaman dipakai dan terlihat bagus di tubuh Anda. 
* Beli sesuai ukuran tubuh Anda saat ini. Meskipun Anda berencana menurunkan berat badan, tak ada gunanya membeli pakaian yang terlalu ngepas. Hal ini hanya akan membuat tubuh Anda terlihat lebih berat. Pastikan apa yang terlihat baik saat ini, meskipun tubuh Anda 2 kg lebih berat. 
* Beli pakaian untuk dikenakan sehari-hari. Sehari-hari Anda mungkin hanya membutuhkan pakaian kerja yang modis, dan sepatu kitten heels. Maka, tak ada gunanya membeli atasan yang berbulu-bulu atau platform heels hanya karena menganggapnya lucu. Pakaian ini hanya akan tersimpan di dalam lemari. 
* Jangan berkompromi. Saat berada di mal, Anda mungkin makin tergoda untuk membeli sesuatu, untuk menghindari perasaan sia-sia jika pulang tanpa membawa hasil.

Langkah 3: Investasi
* Beli pakaian dengan model yang klasik, dalam warna-warna yang solid. Jenis pakaian ini sifatnya serbaguna, dan tidak menghilang dalam dunia mode. Padankan dengan aksesori dan item lain yang lebih trendi. 
* Beli setelan lengkap. Jika Anda membeli blazer dengan celana panjang atau rok yang matching, dan Anda cukup mampu untuk membelinya, beli sekaligus. Kadang-kadang Anda berpikir bahwa blazer atau rok yang Anda beli per item akan cocok dipadankan dengan atasan atau bawahan lain, tetapi ternyata tidak. 
* Beli dalam beberapa warna sekaligus. Jika Anda menemukan dalaman yang nyaman dipakai, atau rok yang terasa begitu pas jatuhnya di pinggul, beli saja dalam dua atau tiga warna (jika Anda mampu). Tentu, hal ini tidak berlaku jika atasan tersebut bermotif.
* Beli pakaian dengan kualitas terbaik yang Anda mampu. Pakaian seperti ini akan selalu Anda pakai kapan pun, karena pakaian berkualitas tak akan pernah membosankan. Tentu saja, pastikan pakaian tersebut benar-benar pas dan nyaman di tubuh Anda. 
* Jangan tergoda barang diskonan. Hanya karena ada atasan lucu yang ada di boks tempat barang-barang sale, tidak berarti Anda harus membelinya. Apakah atasan atau gaun itu cocok dipadankan dengan koleksi pakaian Anda yang lain? Apakah potongannya benar-benar sesuai untuk bentuk tubuh Anda?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com