Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma-aroma yang Mengubah Mood

Kompas.com - 02/11/2009, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Selain bisa membantu mengurangi ketegangan, aroma juga dipercaya mampu mengubah mood seseorang, bahkan mengurangi bobot tubuh. Bagaimana cara kerjanya?

Aromaterapi tak secara ajaib menghapus lemak-lemak dalam tubuh seseorang, namun ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa aroma bisa mengubah mood seseorang. Seperti kita ketahui, kaitan mood dengan kebiasaan konsumsi pun cukup erat. Apalagi bagi wanita yang cenderung menemukan “pelarian” ke makanan saat mengalami stres.

Aromaterapi bisa diartikan sebagai perawatan melalui indera. Terapi ini dilakukan berdasarkan ritual kuno yang menggunakan minyak esensial untuk menyembuhkan secara terapis, lewat stimulasi indera penciuman dengan menggunakan wewangian tertentu.

Aromaterapi dipercaya mampu melawan stres, mengurangi stres, dan mengubah mood. Kaitan antara penciuman dengan emosi cukup erat, dan menghirup wewangian yang menyenangkan bisa menghasilkan respon pada otak, membuat perasaan lebih nyaman.

Aromaterapi pun bisa mengurangi keinginan seseorang untuk mengemil. Sebuah studi yang dilakukan di Rumah Sakit St. George di London menunjukkan bahwa aroma vanila bisa membantu usaha mengurangi berat tubuh. Responden yang menggunakan terapi untuk mengurangi keinginan mengemil dengan aroma vanila dilaporkan merasa tak ingin makan makanan yang manis sebanyak biasanya. Meski belum terbukti secara klinis, namun lilin beraroma vanila yang manis atau bentuk aromaterapi lainnya dengan aroma vanila bisa memberikan efek serupa. Apa lagi kemampuan aromaterapi untuk mengubah mood seseorang?

* Untuk melawan keinginan mengemil yang manis-manis, coba aroma vanila. Misal, solid perfume Eau de Vanilliers dari L’Occitane. 
* Mengatasi stres, wangi melati, ylang-ylang, anggur, lavender, mawar, dan jeruk mandarin. Coba, wewangian body mist dari Dewi Sri Spa. 
* Menambah semangat, coba wangi melati, mint, atau bergamot. 
* Mengatasi depresi, coba hirup aroma lemon, anggur, melati, ylang-ylang, jeruk, helichrysum.
Saat ini sudah tak sulit mencari minyak esensial untuk Anda gunakan sehari-hari. Namun pastikan asalnya dari produsen yang terpercaya. Karena jika hanya memiliki aroma yang diinginkan tetapi kurang pekat, Anda malah bisa rugi, karena minyaknya cepat rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com