Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak ada Kaitan Hepatitis B dan Kanker Pankreas

Kompas.com - 04/11/2009, 10:09 WIB

KOMPAS.com -  Penelitian di Amerika Serikat mendapati bahwa penyakit hepatitis B tidak meningkatkan risiko kanker pankreas. Hasil penelitian ini bertolak-belakang dengan studi sebelumnya yang mengaitkan kedua penyakit tersebut.

Temuan tersebut oleh beberapa peneliti di Rumah Sakit Henry Ford  disajikan dalam pertemuan tahunan Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Lever di Boston.

Dengan menggunakan data dari "Henry Ford Health System", para peneliti  mengkaji lebih dari 74.000 pasien yang diperiksa untuk mengetahui apakah mereka menderita hepatitis B antara 1995-2008. Dari analisis secara keseluruhan, hanya faktor usia yang menjadi penunjuk penting bagi kanker pankreas.

"Kami meneliti kasus kanker pankreas di kalangan pasien hepatitis B selama rentang waktu 13 tahun, dan menemukan bahwa kami tak dapat mengkonfirmasi risiko yang lebih tinggi bagi mereka yang sebelumnya terpapar hepatitis B, sebagaimana ditunjukkan dalam studi terdahulu," kata Jeffrey Tang MD dari Henry Ford Hospital yang menulis studi itu.

"Ketika faktor lain dipertimbangkan  - seperti usia, ras, jenis kelamin, status HIV, dan keberadaan diabetes - hanya usia yang lebih tua dan keberadaan diabetes terbukti penting, sedangkan paparan terdahulu terhadap hepatitis B tak lagi menjadi variabel penting," kata Tang.

Lebih dari 35.000 orang di AS meninggal akibat kanker pankreas setiap tahun dan 42.000 kasus baru didiagnosis, demikian keterangan National Cancer Institute.  Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa 800.000 sampai 1,4 juta orang menderita hepatitis B kronis.

Pada 2007, sebanyak 43.000 orang di Amerika Serikat mengalami penularan baru hepatitis B, kendati banyak kasus tak dilaporkan karena banyak orang tak mengalami bermacam gejala. Hepatitis B adalah penyakit radang hati yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com