Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omega-3, Antidepresan Alami

Kompas.com - 04/11/2009, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda selalu mengikuti perkembangan terkini dari dunia kesehatan, pasti Anda pernah mendengar manfaat asam lemak omega-3 yang belakangan ini banyak dibicarakan.

Selain "menajamkan" otak, ternyata omega-3 juga efektif menangkal depresi. Kandungan lemak yang membentuk jaringan otak kita dibentuk dari asam lemak omega-3 dan penelitian menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak ini bisa mengurangi depresi.

Menurut Lona Sandon, asisten profesor bidang nutrisi klinis dari Universitas of Texas Southwestern Medical Center, omega-3 bekerja dengan cara meningkatkan efek obat antidepresan, jadi bukan bekerja secara tunggal.

Untuk mendapatkan efek ini, ia menyarankan untuk mengonsumsi 2 gram minyak ikan setiap hari. Namun untuk mendapatkan dosis yang tepat Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter.

Selain mengonsumsi obat, kita juga bisa menghindari depresi dengan melakukan aktivitas positif dan menyenangkan. Berkumpul bersama orang lain atau anggota keluarga untuk berbagi rasa juga disarankan untuk mengurangi tekanan atau beban pikiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com