Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Flu = Sistem Imun Rendah?

Kompas.com - 04/11/2009, 15:02 WIB

KOMPAS.com — Frekuensi sakit yang sering bukanlah tanda sistem imun kita jelek, melainkan ini berarti kemampuan tubuh untuk melawan bakteri atau virus mungkin sedang lemah. Banyak faktor yang bisa membuat sistem imun kita rendah, termasuk stres.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan virus flu. Pertama adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan menjaga mood dengan cara melakukan relaksasi. Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga disarankan.  

Saat musim flu datang, lakukan tindakan pencegahan untuk menghindari penularan 200 jenis virus yang sering menyebabkan flu. Yang paling penting adalah mencuci tangan lebih sering menggunakan sabun minimal 15-20 detik. Selain itu, hindari penggunaan gelas atau alat makan bersama orang lain yang sedang sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com