Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Bahan Pangan Organik Tinggi Belum Diimbangi

Kompas.com - 04/11/2009, 21:03 WIB

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Permintaan bahan pangan organik seperti beras dan sayur-sayuran yeng relatif tinggi belum diimbangi dengan kemampuan produksi. Salah seorang aktivis yang juga petani organik di kawasan Pacet dan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Slamet (39), Rabu (4/11) mengungkapkan hingga saat ini petani organik belum mampu memenui permintaan yang terus naik.

Ia mencontohkan, tingginya permintaan pasar itu setidaknya dialaminya dari sejumlah calon pembeli di Surabaya. Untuk komoditas sayuran misalnya, salah satu jaringan pengelola hipermarket di Surabaya membutuhkan tak kurang hingga 885 kilogram sayuran yang terdiri atas lima jenis setiap bulannya.

"Masing-masing jenis kangkung, pak coy, caisim, bayam merah, dan bayam hijau. Itu hanya untuk kebutuhan tujuh toko dari total 30 toko yang dikelola (jaringan hipermarket) itu," sebut Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com