Diare Tiap Kali Minum Susu

Kompas.com - 09/11/2009, 14:03 WIB
EditorAnna

KOMPAS.com - Bagaimana kalau anak diare tiap kali minum susu? Padahal susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi penting.

Mencret tiap kali habis minum susu disebut juga intoleransi laktosa. Keadaan ini bisa terjadi pada bayi, anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Anak yang menderita intoleransi laktosa tidak tahan pada salah satu komponen susu yaitu laktosa (sejenis karbohidrat dalam susu) atau tubuhnya tidak bisa mencerna laktosa tersebut.

Mengapa hal itu terjadi? Karena produksi enzim laktase dalam organ pencernaannya kurang, atau sel pembentuk enzimnya kurang atau ada kelainan-kelainan lainnya. Penyebab semua itu sendiri tidak diketahui pasti.

Salah satu kemungkinannya, kekurangan nutrisi tertentu saat si kecil masih dalam kandungan. Akibatnya pertumbuhan sel-sel enzim laktasenya tidak berkembang optimal. Bisa juga karena faktor genetik, yang berarti kondisi ini tidak bisa diapa-apakan. Sedangkan idealnya, laktosa dipecah oleh enzim laktase menjadi glukosa dan galaktosa yang dibutuhkan tubuh untuk energi dan pertumbuhan.

Ciri-ciri penderita intoleransi laktosa adalah diare setelah minum susu. Kondisi intoleransi laktosa yang tidak disadari oleh orangtua- sehingga anak tetap diberi susu- akan semakin mengikis sel-sel enzim laktase yang ada di ujung-ujung jonjot usus anak.

Sifat laktosa yang menarik air akan memperparah karena semakin banyak susu diberikan maka semakin banyak pula diarenya. Jadi, sekali anak diketahui menderita intoleransi laktosa, pemberian susu yang mengandung laktosa harus dihentikan.

Keaaan intoleransi laktosa akan terus berlanjut hingga anak dewasa. Kebutuhan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu, bisa diganti dengan pemberian susu yang bebas laktosa atau susu kedelai yang memang tidak mengandung laktosa. Solusi lain, tentu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang sehingga kebutuhan gizi anak tercukupi.

Narasumber: Prof.Dr.dr.KRT.Hananto W.Dipohadiningrat, Sp.A (K) dari RS. Internasional Bintaro, Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.