Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Produk Herbal Makin Penting

Kompas.com - 12/11/2009, 23:04 WIB

KLEPU, KOMPAS.com - Penelitian berikut pengembangan produk herbal makin hari menjadi makin penting. Terkait dalam hal ini adalah pengumpulan data tanaman obat, kandungan dan toksisitas tanaman dengan hewan coba, standardisasi bahan baku sampai dengan uji klinis bahan baku dan produk jadi.

Kesamaan pendapat seperti itulah yang direalisasikan dalam bentuk nota kesepahaman antara Universitas Kristen Maranatha Bandung dengan produsen produk herbal Sido Muncul. Peresmian tersebut ditandatangani oleh Rektor Prof. Dr. Ir. HP Septoratno Siregar, DEA dan Dirut Sido Muncul Irwan Hidayat, Rabu kemarin. "Khasiat produk herbal sekarang memang tidak hanya berdasarkan pengalaman empiris tetapi harus lewat penelitian," kata Irwan Hidayat.

Selain dengan Universitas Maranatha, uji toksisitas produk herbal pernah dilakukan Sido Muncul dengan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dalam hal ini, terhadap Tolak Angin. Pada Agustus 2007, produk Tolak Angin telah mendapatkan sertifikat sebagai Obat Herbal Terstandar (OHT) dari Badan POM RI. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com