Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FFG Bebaskan Ribuan Orang dari Narkoba, Alkohol, dan Rokok

Kompas.com - 18/11/2009, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Freedom Faithnet Global (FFG), sejak empat tahun terakhir berhasil membebaskan ribuan orang dari ketergantungan dengan narkoba, alkohol, dan rokok . Tidak hanya itu, mereka juga dibekali berbagai pelatihan untuk pengembangan dan potensi diri, kepemimpinan, motivasi, dan peoples skill .

Co-Founders FFG dari Indonesia, Onggy Hianata mengatakan hal itu kepada Kompas, seusai jumpa pers acara Annual Freedom Celebration, yang akan digelar tanggal 5-6 Desember 2009. "Tidak ada topik khusus perlatihan untuk membebaskan peserta dari ketergantungan narkoba, alkohol, dan rokok. Namun, hal itu merupakan dampak positif dari pelatihan tiga hari dua malam yang rutin digelar FFG," katanya, Rabu (18/11) di Jakarta.

FFG adalah komunitas yang tersebar di lebih dari 35 negara, terdiri dari orang-orang yang memiliki visi dan misi untuk kehidupan , memberikan ruang untuk tumbuh secara mental dan spiritual untuk masa depan yang lebih baik bagi pribadi, keluarga, golongan dan negaranya. Komunitas ini tidakmengenal perbedaan agama, ras, dan politik. Di Indonesia anggotanya ada sedikitnya 80.000, sedangkan di dunia yang tersebar di 35 negara ada sedikitnya satu juta orang.

Tentang Annual Freedom Celebration (AFC) 2009 yang merupakan acara tahunan FFG, panitia AFC 2009 Yamal mengatakan, FFG akan memecahkan Guinness World Records untuk pelepasan 10 ribu lentera ke angkasa. Sedikitnya 10 ribu anggota komunitas FFG dan undangan, akan hadir di Dome, Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara. "Dari luar negeri ada sedikitnya 1.000 peserta dari 35 negara ikut meraimaikan pemecahan rekor dunia, yang sebelumnya hanya 3000 orang, diciptakan tahun 2008 di Columbia," jelasnya.

Indah Puspitarini, panitia lainnya, menambahkan, AFC merupakan paduan education dan entertainment serta berbagai pelatihan untuk pengembangan dan potensi diri, kepemimpinan, motivasi, dan keahlian. Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah Green Attitude , yang memiliki arti perubahan pola pikir untuk menjadi seorang agen perubahan.

"Dalam AFC 2009, lentera-lentera Kongming yang bertuliskan doa dan harapan akan pesan perdamaian dari setiap peserta untuk pribadi, keluarga, dan bangsa dinyalakan dan diterbangkan ke angkasa. Indonesia akan mencetak sejarah dunia," ujar Indah.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com