Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haidar: Di Lingkup Muhammadiyah Harus Diciptakan Kondisi Perokok adalah Orang Asing

Kompas.com - 18/11/2009, 19:49 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Segenap instansi yang bernaung di bawah Muhammadiyah diharapkan makin tegas menyuarakan kampanye melawan rokok. Semua orang di Muhammadiyah, termasuk pelajar dan mahasiswa, harus mulai menciptakan kondisi agar perokok adalah orang asing. Teguran bagi perokok juga tak perlu lagi sungkan-sungkan dilakukan.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haidar Nashir seusai meresmikan gedung MTs Muallimin Muhammadiyah, Rabu (18/11). Menurut dia, perang terhadap rokok tidak berlebihan karena merokok jelas akan membuat orang sakit.

"Harus ada budaya baru yang membuat perokok menjadi orang asing di lingkungan. Memang, menegur perokok akan sulit karena perokok sudah punya perilaku akut. Perilaku yang seenak diri merokok. Perokok tidak sadar atau tidak mau tahu dengan kondisi orang lain," katanya.

Sayangnya, kalangan nonperokok terhanyut dalam kondisi sehingga malah sungkan menegur perokok. Inilah yang secara tegas disebut Haidar sebagai kondisi yang mesti dibalik. Perokoklah yang mestinya sungkan jika di sekitarnya adalah komunitas bukan perokok.

Ia melanjutkan, kecil kemungkinan perokok akan minta izin ke orang di sekitarnya jika hendak merokok. Karena itu, begitu ada orang hendak merokok, yang lain mesti proaktif menegur. Tak perlu sungkan karena kaum nonperokok berhak menghirup udara bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com