Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat yang Bikin Langsing, Mau?

Kompas.com - 19/11/2009, 10:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pencinta cokelat kini tak perlu cemas lagi dengan makanan favorit mereka. Pasalnya, kini telah diciptakan sejenis cokelat yang dapat melangsingkan tubuh.

Para ahli di Spanyol menciptakan panganan yang dinamai Lola. Panganan ini mengandung zat penahan rasa lapar, namun rasanya sama dan memuaskan seperti cokelat. Tapi dari sisi tampilan, Lola masih kalah dibandingkan cokelat konvensional. Lola memiliki warna kehijauan karena terbuat dari bahan-bahan yang digunakan untuk penurun berat badan. 

Cokelat ini mengandung suplemen spirulina, alga kecil dengan tingkat nutrisi yang tinggi seperti vitamin A dan B12 yang bermanfaat menurunkan berat badan.  Perusahaan Spanyol pembuat cokelat ini, Cocoa Bio, juga mengklaim produk ini mengandung asam amino spesial agar pemakan cokelat ini merasa tak lapar dan mencegah mereka dari kelebihan makan.

Makanan ini juga mengandung fenilalalin, asam amino yang dapat menstimulasi kolesitokinin, hormon peptida yang dikeluarkan otak untuk menekan rasa lapar. Cokelat Lola tak mengandung kolesterol, dan membantu pencernaan dengan meningkatkan tingkat bakteri yang sehat.

Cocoa Bio mengatakan bahwa cokelat ini 100 persen alami dan dibuat menggunakan cokelat asli dari Peru dan Santa Domingo. Salah satu penemunya, Armando Yanez, mengatakan, cokelat ini mempunyai rasa yang kuat dan bersifat antioksidan.

“Orang perlu satu atau dua cokelat sekitar 1 jam sebelum makan. Mereka akan merasa cukup penuh dan makan lebih sedikit setelahnya,” ujarnya.

Lola dihadirkan pertama kalinya pada acara cokelat internasional di Madrid, Spanyol. Cokelat ini dijual lima atau 30 buah per kotak, tapi pembuatnya sedang berpikir untuk mengenalkan sebuah paket mini sebagai cara menurunkan berat badan.

Mereka juga bergegas menjualnya untuk versi Natal. Meski demikian, cokelat ini hanya tersedia di Spanyol dan dijual sekitar 5 poundsterling atau sekitar Rp 70.000 untuk satu kotak berisi lima buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com