Kamar Mandi dan Kolam Jangan di Titik Tengah Rumah

Kompas.com - 20/11/2009, 22:15 WIB
Editorksp

Tanya
Saya berencana merenovasi rumah. Karena saya merasa sirkulasi udara kurang lancar. Dari hasil observasi yang saya lakukan, saya mendapat ide untuk membuat taman dengan kolam ikan di tengah rumah. Dari kacamata feng shui, apakah rencana saya ini tidak menjadi masalah? Atas jawaban yang diberikan, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Yanti, Bekasi

Linda Kho menjawab
Ibu Yanti, tepat sekali ibu menanyakan hal ini tersebut sebelum benar-benar merealisasikan ide ibu. Dari prinsip ilmu feng shui, pantangan besar menempatkan kolam di sektor tengah rumah. Ibarat tubuh manusia, bagian tengah rumah adalah organ jantung. Organ jantung yang diwakili unsur/ elemen Api, akan mendapat masalah jika dihadapkan dengan Air (kolam). Penghuni rumah berisiko besar mendapat serangan jantung.

Senada dengan kolam, kamar mandi/ WC pun sebaiknya tidak terletak di titik tengah rumah. Alam bawah sadar manusia, merekam bahwa kamar mandi/ WC adalah tempat yang kotor, tidak nyaman, sehingga cenderung dihindari. Oleh karena itu, letak kamar mandi/ WC di jantung rumah, akan mengganggu kelancaran komunikasi antarpenghuni, yang pada akhirnya akan merusak keharmonisan (relationship) rumah tangga.

Untuk meredam dampak negatif dari letak kamar mandi/ WC di titik tengah rumah, cara yang paling efektif adalah dengan memindahkannya. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka alternatifnya adalah dengan menjaga kamar mandi sebersih, sewangi, dan sekering mungkin. Pakaian kotor dan basah harus segera dikeluarkan. Singkatnya, tidak boleh ada rasa ’segan’ untuk bertandang ke kamar mandi/ WC.

Bagi yang sudah terlanjur memiliki kolam di tengah rumah, sebaiknya kolam tersebut diubah menjadi taman kering. Selamat merenovasi.

Linda Kho
http://www.fengshuikita.com

Linda Kho, pakar feng shui, tinggal di Salatiga, Jawa Tengah. Linda belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Kemudian pada tahun 2005, Linda belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura) di Singapore Polytechnic. Dan pada tahun 2007, Linda memperdalam ilmu feng shui dari Grandmaster Raymond Lo (Hong Kong).


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X