Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Olahraga Memperlambat Penuaan?

Kompas.com - 02/12/2009, 13:31 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Berbagai penelitian telah menunjukkan pengaruh olahraga untuk menunda penuaan dan memperpanjang usia. Orang-orang yang rutin berolahraga diketahui lebih sehat meski usia mereka bertambah. Kini, penelitian terbaru berhasil membuka misteri penyebab hal itu terjadi.

Dalam perbandingan yang dilakukan terhadap pelari dengan orang yang jarang olahraga diketahui bahwa di bawah mikroskop, sel-sel para pelari tersebut terlihat jauh lebih muda dibanding orang yang tak berolahraga.

Secara spesifik, para peneliti menilai panjang telomer, bagian dari sel yang memengaruhi cepat atau lambatnya proses penuaan kita. Setiap kali sel membelah diri, telomer akan memendek. Bila telomer terlalu pendek, sel tak akan lagi bisa membelah diri dan mati. Ini berarti proses penuaan makin cepat terjadi.

Pada studi yang dilakukan para ilmuwan dari Jerman terhadap mencit yang berlari dalam roda menunjukkan adanya penambahan protein telomer. Hal ini bisa mencegah kematian sel. Sementara itu pada studi terhadap manusia, yakni para atlet berusia sekitar 30 tahun yang rutin berlari sejauh 50 mil setiap minggu, diketahui bahwa mereka memiliki telomer yang panjang.

Tidak mengejutkan pula para atlet tersebut memiliki tekanan darah yang rendah, lemak tubuh lebih sedikit, dan detak jantung lebih stabil. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association, Circulation.

Disimpulkan bahwa panjang-pendeknya telomer berkaitan dengan tingkat aktivitas fisik. Orang yang rajin berolahraga memiliki usia telomer 10 tahun lebih muda daripada orang yang tidak berolahraga. Perbedaan telomer ini juga terlihat pada anak kembar yang memiliki tingkat aktivitas fisik berbeda.

Selain kurangnya aktivitas fisik, telomer yang pendek juga dapat terjadi karena hidup yang penuh stres. Dalam buku You Staying Young, dr Mehmet Oz dan dr Michael F Roizen menyebutkan, "Tekanan hidup yang berat dapat berpengaruh besar terhadap cara sel tubuh membelah diri atau berhenti membelah diri. Dengan meditasi, Anda akan memperbaiki telomer dan memperlambat penuaan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+