Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres Pada Orang Optimis dan Pesimis

Kompas.com - 02/12/2009, 14:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan sifat individu ternyata mempengaruhi reaksi mereka terhadap stres yang dialami. Orang yang bersifat optimistis lebih mudah beradaptasi secara fisik maupun psikis terhadap stres dibanding mereka yang pesimistis.

Banyak tulisan di media massa maupun dalam berbagai seminar yang mengingatkan bahwa stres yang berat dan berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikis seseorang. Sementara itu dalam kehidupan sehari-hari kita melihat bahwa ternyata tidak semua orang memiliki reaksi
sama terhadap stres yang sama. Bahkan tingkat stres yang ringan bagi si A bisa dirasakan sebagai tekanan berat bagi si B sehingga ia mengalami sakit yang berkaitan dengan stres.

Contohnya adalah Andi yang begitu cepat memulihkan diri setelah mengalami kehilangan besar, kekecewaan yang dalam dan bahkan penderitaan yang hebat akibat krismon tahun 1997. Namun tidak dengan Indra yang ternyata butuh waktu sangat lama dan bertahun-tahun untuk bisa mengembalikan dirinya pada situasi normal.

Apa yang menjadi penyebabnya? Mengapa bisa demikian? Menurut Camille B Wortman dan kawan-kawan dalam buku Psychology, hal itu terjadi karena ada perbedaan kepribadian. Para ahli telah menelusuri bahwa dimensi kepribadian yang tampaknya berkaitan dengan stres dan penyakit yang ditimbulkan oleh stres, adalah sifat optimistis dan pesimistis yang dimiliki seseorang.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap para mahasiswa misalnya, mereka yang optimistis dan memiliki nilai ujian tinggi ternyata lebih sedikit yang mengalami gejala penyakit seperti sakit kepala dan sakit perut, dibandingkan dengan mahasiswa yang nilainya rendah.

Penelitian lain pun membuktikan bahwa mahasiswa yang pesimistis ternyata dua kali lebih banyak yang mengalami berbagai sakit infeksi dan mengunjungi dokter dua kali lebih sering ketimbang mahasiswa yang optimistis. Maka disimpulkan baru-baru ini oleh para ahli bahwa individu yang optimistis cenderung lebih mudah beradaptasi secara fisik maupun psikis terhadap stres.

Ciri Yang Dikenali
Lantas, bagaimana kita bisa mengenali diri maupun orang lain termasuk kelompok optimistis atau pesimistis? Menurut Worthman dan kawan-kawan, ciri-cirinya dapat diketahui dari bagaimana orang tersebut bereaksi terhadap suatu masalah.

Orang yang pesimistis cenderung untuk menyalahkan diri sendiri jika terjadi masalah yang buruk. Misalnya dia berkata, "Ini kesalahan saya." Biasanya mereka juga berlebihan menyimpulkan masalah tersebut, dengan berkata,
Masalah ini nggak akan pernah selesai," dan, "Semua ikut kacau jadinya."

Bahkan menurut Wortman, orang yang pesimistis lantas mengaitkan peristiwa kecil di masa lalu dan dianggapnya sebagai ancaman terhadap kemampuannya untuk menghadapi masalah hari ini.

Sebaliknya, orang yang bersifat optimistis cenderung mengaitkan kejadian yang buruk dengan faktor di luar dirinya, dan biasanya hanya bersifat terbatas serta sementara. "Itu bukan kesalahan saya," begitu biasanya mereka berkata, atau, "Ini tidak boleh terjadi lagi," dan juga, "Ini bukan akhir dunia." Mereka yakin bahwa hal-hal yang baik akan terjadi pada mereka dan bahwa mereka akan mampu mengatasi apa pun masalah yang bakal terjadi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com