Pijat Wajah biar Awet Muda

Kompas.com - 03/12/2009, 15:22 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Salah satu tanda awet muda adalah keriput yang jarang dijumpai di kulit wajah. Untuk mencegah keriput bisa dilakukan dengan merawat kulit dan menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

Memijat wajah bisa dilakukan untuk mencegah keriput. Arah pemijatan harus mengikuti otot dan aliran darah karena kalau berlawanan justru akan menimbulkan kerut. Lakukan pemijatan ini 10-15 kali sehari.

1.    Pijat dahi dengan jari telunjuk mulai dari pertemuan alis ke arah luar dan atas alis.
2.    Pijat hidung dengan jari telunjuk mulai dari pertemuan alis dengan gerakan ke bawah.
3.    Untuk kelopak mata bagian atas, mulai dari sudut bagian dalam mata (dekat hidung) dengan gerakan ke arah sudut mata luar. Untuk kelopak mata bagian bawah, mulai dari sudut mata bagian luar bergerak ke arah sudut mata bagian dalam.
4.    Pijat bibir atas mulai dari tengah dan bergerak ke arah luar. Lakukan pemijatan yang sama untuk bibir bagian bawah.
5.    Gunakan jari-jari untuk menggerak-gerakkan leher dari bawah ke atas.
6.    Pijat pipi dengan gerakan ke arah atas mulai dari bagian bawah wajah. @ diy

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.