Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Makan Sedikit tapi Sering

Kompas.com - 08/12/2009, 10:39 WIB

KOMPAS.com — Untuk mengurangi rasa mual, lambung sebaiknya tidak bekerja terlalu berat. Makan dalam porsi sedikit atau small frequent meal merupakan salah satu cara membantu dan meringankan kerja lambung.

Jadi, daripada makan besar tiga kali dalam sehari, banyak ahli pencernaan merekomendasikan makan dengan porsi kecil. Dengan cara ini, makan bahkan bisa dilakukan sampai enam kali sehari. Dengan begini, beban lambung bisa lebih ringan. Produksi asam lambung pun tidak berlebihan karena harus mengakomodasi makanan yang masuk dalam jumlah terlalu banyak.

Small frequent meal ini juga bisa membantu mengurangi konsumsi snack atau makanan ringan. Memang, mengudap makanan ringan tidak 100 persen jelek. Mengudap atau ngemil bisa membantu mengisi perut agar tak terlalu lama kosong.

Namun, snack yang mengandung banyak bahan penyedap dan pengawet makanan malah bisa merugikan tubuh. Maka, memilih camilan yang sehat juga menjadi hal penting supaya tidak jadi bumerang bagi tubuh. (Sanny Cicilia Simbolon)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com