Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin E, Sahabat Kulit dan Jantung

Kompas.com - 08/12/2009, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Sudah terbukti, asupan vitamin E yang cukup akan membuat kulit senantiasa kenyal dan awet muda.

Vitamin E adalah sahabat kulit. Vitamin ini juga penting untuk imunitas tubuh dan kesehatan mata. Selama ini vitamin E lebih populer sebagai antioksidan yang akan melindungi sel dari kerusakan. 

Antioksidan efektif memperbaiki struktur kulit, menunda proses penuaan dan mengatasi kerutan. Karena itulah, dewasa ini banyak produk kecantikan kulit yang memakai vitamin E sebagai bahan utamanya.

Vitamin E mudah larut di air, karenanya ia lebih mudah diserap bersama makanan. Saat ini vitamin E tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari pil, kapsul, juga cair. Selain diminum langsung, vitamin E juga dapat dioleskan ke kulit.  

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin E, konsumsi vitamin E 15 mg per hari. Jumlah ini sudah terpenuhi dari bahan makanan sehari-hari. Secara alami vitamin E terdapat dalam minyak sayur, sayuran berdaun hijau, sereal atau makanan yang difortifikasi, telur, dan kacang-kacangan.

Selain untuk keindahan kulit, vitamin E ternyata juga efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner. Hal ini karena vitamin E adalah antioksidan yang berperan mencegah terjadinya proses oksidasi dalam tubuh sehingga plak dan sumbatan arteri tidak terbentuk. Untuk memperoleh perlindungan yang memadai terhadap serangan jantung sekurang-kurangnya diperlukan 100 IU vitamin E setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com