Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menyusui di Tempat Umum

Kompas.com - 22/12/2009, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Menyusui bayi di tempat umum kelihatannya merepotkan dan membuat risih. Jangan khawatir, ada kiatnya agar kegiatan bermanfaat ini lancar dan menyenangkan.

Saat ini semakin banyak tempat umum yang menyediakan ruang khusus menyusui (nursing room), namun bila ibu berada di area yang ramai dan tidak menyediakan ruang laktasi, carilah tempat bersih yang bisa memberikan privasi atau tempat yang tenang, misalnya di pojok restoran atau ruang tunggu. Bila Anda tidak bersikap berlebihan, umumnya orang tidak akan memperhatikan Anda.

Ibu menyusui masa kini juga makin dimudahkan dengan hadirnya celemek menyusui sehingga ibu dapat tetap menyusui dengan nyaman di tempat umum atau di kendaraan tanpa perlu merasa risih. “Untuk wanita berjilbab, biasanya lebih gampang, karena bisa menutupi auratnya,” ucap Mia Sutanto, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia. Untuk menutupi aurat, ibu juga bisa memakai selendang besar atau pashmina.

Agar ibu dapat menyusui secara teratur saat berada di luar rumah, Mia menyarankan agar para ibu mempersiapkan diri, termasuk dalam memilih pakaian. Sebaiknya pilih pakaian yang memudahkan ibu dalam memberi ASI. Jangan lupa membawa breastpad agar baju tidak ternoda oleh ASI yang mengalir tanpa disadari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com