Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sel Tumor Mampu Meregenerasi Sendiri

Kompas.com - 30/12/2009, 10:00 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com - Riset menunjukkan, sel tumor ternyata tak hanya mampu menyebar ke seluruh tubuh dengan cara mengirimkan sel yang sangat kecil atau disebut juga dengan benih, namun mereka juga mampu mengubah diri menjadi benih. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan mengapa tumor bisa muncul dan menyebar meski mereka sudah dimusnahkan.

Para peneliti dari Amerika Serikat mengatakan, hasil penelitian ini juga diharapkan membantu para ahli untuk mengembangkan obat yang mampu menghentikan proses penyebaran kanker atau metastasis.

"Sel tumor yang sudah menyebar bisa berubah menjadi koloni tumor awal dalam proses yang kami sebut sebagai "menjadi benih tumor kembali," kata Joan Massague dari Memorial Sloan-Kettering Cancer, New York, AS.

"Kini kami berhasil menemukan bahwa tumor bisa menangkap kembali anak-anaknya yang paling bandel, sehingga mereka mampu menjadi sel yang lebih agresif menyebar, lebih kuat, dan kokoh," kata Massague.

Pada beberapa kasus, tambah Massague, mungkin terapi pengobatan kanker bisa dilakukan dengan membiarkan jaringan yang terinflamasi dan pernah menjadi rumah sel tumor dibiarkan saja sementara waktu.

"Kami menduga sel tumor akan kembali masuk dalam sirkulasi tubuh dalam waktu seminggu atau sebulan pasca tindakan operasi dan lewat proses menjadi benih kembali ini mereka akan menempati jaringan awal dan memproduksi sel tumor," papar Massague.

Dalam risetnya Massague dan timnya menggunakan mencit di laboratorium yang sudah diinjeksi dengan sel kanker payudara. Sel ini secara genetik sudah didesain agar mampu menyala di bawah lampu ultraviolet sehingga para peneliti mampu melacak penyebaran sel ini dalam tubuh mencit. Para peneliti menemukan, sistem imun mengeluarkan semacam zat kimia sebagai sinyal untuk memanggil rumah sel tumor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+