Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu dari Lima Bayi Inggris Berpotensi Obesitas

Kompas.com - 01/01/2010, 11:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kementerian Kesehatan Inggris menyatakan, satu dari lima bayi yang lahir pada tahun 2010 berpotensi mengalami obesitas atau kegemukan pada saat mereka mulai memasuki usia sekolah jika tak dilakukan upaya pencegahan terhadap pemberian porsi makan yang berlebihan. Hal ini didasarkan pada semakin tingginya angka obesitas pada anak di Inggris.

Menteri Kesehatan Inggris Gillian Merron mengatakan, 300 lebih dari 1500 bayi yang lahir bertepatan dengan tahun baru akan mengalami obesitas pada kisaran usia 5 tahun dan para orangtua harus menerapkan diet ketat. "Apa yang dialami bayi pada tahun pertama kehidupannya memiliki efek yang sangat besar, bagaimana kesehatan mereka selanjutnya. Tingkat obesitas masih sangat tinggi," kata Merron.

Ia melanjutkan, tingkat obesitas yang terus meningkat di seluruh dunia sangat mengancam. Ancaman ini menyebabkan dituntutnya biaya penanganan yang cukup tinggi karena penyakit yang mungkin timbul akibat obesitas, seperti penyakit jantung dan kanker.

Sebuah laporan pada Desember lalu menunjukkan, satu dari sepuluh anak di Inggris akan mengalami kegemukan pada tahun 2015 dengan kondisi, anak dari keluarga miskin akan lebih terancam dibandingkan anak dari keluarga yang lebih kaya.

Merron menekankan, perlunya kampanye yang memberitahukan para ibu tentang cara membangun kebiasaan makan yang sehat bagi anak-anak mereka. Hal tersebut termasuk mendorong para ibu untuk menyusui anaknya dan tidak memberikan makanan padat terlalu dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com