Dede "Manusia Akar" Pasrah Menunggu Obat

Kompas.com - 12/01/2010, 16:03 WIB
Editormade

BANDUNG, KOMPAS.com - Keluarga Dede Koswara (39) atau yang dikenal sebagai Dede "Manusia Akar" saat ini lebih memilih untuk menanti munculnya obat yang diharapkan bisa mengatasi pertumbuhan kutil di tangan dan kaki Dede sampai ke akarnya dan sembuh selamanya. Pasalnya, lima bulan berselang semenjak operasi terakhir, kutil di tangan dan kaki Dede kembali tumbuh dengan cepat hingga sepanjang sepuluh centimeter.

Ditemui di kediamannya di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (12/1/2010), Dede kini praktis tidak bisa banyak beraktivitas akibat kutil di tangan dan kakinya yang tumbuh kembali. "Tangan dan kaki saya kini terasa berat," aku Dede yang sudah pernah dioperasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin tahun 2008 dan 2009.

Ateng (70), ayah Dede menuturkan bahwa keluarga masih keberatan bila Dede harus kembali masuk ke rumah sakit demi menjalani operasi pengangkatan kutil. Penyebabnya, keluarga Dede yakin bahwa tindakan tersebut belum mampu mengatasi hingga akar penyakit.

Keluarga Dede, ujar Ateng, lebih memilih untuk menanti obat itu keluar meski dengan harapan tipis mengingat penyakit yang diderita Dede tergolong langka.

Dokter yang pernah mengoperasi Dede juga pernah menghubungi Ateng dan menyatakan siap bila Dede harus dioperasi sewaktu-waktu. "Kami susah kalau harus seperti kembali menjalani sembilan bulan menunggui Dede sewaktu dulu dioperasi," ujar Ateng.

Sejak terakhir dioperasi pada bulan Agustus 2009, Dede tidak lagi memeriksakan diri ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.