Banyak Minum Cegah Anyang-anyangan

Kompas.com - 13/01/2010, 14:26 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Infeksi saluran kemih atau awam menyebutnya anyang-anyangan merupakan penyakit yang sering diderita kaum perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang terdapat di saluran kemih.

Gejala infeksi saluran kemih sangat khas, yakni sering merasa ingin berkemih, tetapi hanya sedikit atau tidak bisa menahan kencing. Jika berkemih pun terasa agak panas. Infeksi saluran kemih (ISK) bisa mengenai saluran keluar kandung kencing (uretra) yang disebut uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran ureter yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih (ureteritits), serta ginjal (pielonefritis).

Bila infeksi mengenai saluran keluar kandung kemih atau kandung kemih disebut infeksi saluran kemih bawah. Adapun bila mengenai ureter dan ginjal disebut infeksi saluran kemih atas. Infeksi saluran kemih atas lebih berat daripada infeksi saluran kemih bawah.

Menurut Regina Karim, Health Marketing Director PT Aqua Danone Indonesia, anyang-anyangan merupakan tanda pertama ISK. "Perempuan lebih mudah terkena penyakit ini karena secara anatomi saluran uretra perempuan lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk," katanya.

Ia menjelaskan, ISK lebih sering ditemui pada orang yang jarang berkemih. "Minum air banyak penting untuk mencegah kuman berkembang biak di saluran kemih. Selain itu, berkemihlah secara teratur," katanya saat ditemui dalam acara media gathering yang diadakan Aqua Danone di Jakarta, Rabu (13/1/2010).

Selain pada orang dewasa, ISK juga sering menimpa bayi dan anak-anak. "Pada anak-anak biasanya terjadi karena mereka malas minum dan kebiasaan menahan pipis," kata Regina.

Pengobatan ISK dilakukan dengan pemberian antibiotik. Selain itu, perlu dijaga kebersihan di lubang tempat keluarnya kencing.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X