Respons Stres Pria dan Wanita Berbeda

Kompas.com - 14/01/2010, 10:02 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Otak pria dan otak wanita ternyata merespons stres secara berbeda yang berdampak pada cara tubuh merasakan penyakit kronis, seperti depresi, penyakit kardiovaskular, dan penyakit autoimun.

Demikian kesimpulan studi para ahli dari Amerika. Dalam risetnya, mereka menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) atau pencintraan otak untuk memonitor aktivitas otak pada pria dan wanita saat sedang stes.

Pada responden wanita dilakukan MRI dua kali, yakni saat mereka sedang menstruasi dan saat masa subur. Saat dimulainya masa haid, aktivitas otak dalam merespons stres hampir sama dengan pria. Namun, respons pria pada stres tetap lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok wanita saat sedang masa subur.

"Secara alamiah tampaknya para wanita diberkati dengan hormon untuk mengatur respons stres sehingga aktivitas otak mereka berbeda dengan pria," kata Ketua Peneliti Jill Goldstein, Direktur Peneliti dari Connors Centre for Women's Health.

Perbedaan paling signifikan dideteksi pada bagian otak yang bertugas untuk mengontrol respons sistem saraf otonomik. Hasil studi menemukan perbedaan gender dalam merespons stres terkait dengan pengeluaran hormon untuk mengontrol rangsangan.

"Kendati dalam merespons stimulus stres pria dan wanita bersikap sama, sebenarnya aktivitas otak mereka berbeda," kata Goldsten. Ia juga menyatakan, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres juga muncul secara berbeda pada pria dan wanita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.