Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjalani Operasi Plastik Butuh Kesiapan Mental

Kompas.com - 14/01/2010, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Operasi plastik sebaiknya tidak sekadar dilihat dari sisi finansialnya. Sebelum berniat mengubah bentuk fisik, Anda perlu tahu bahwa operasi bedah plastik, baik untuk kecantikan maupun bedah untuk rekonstruksi (kesehatan), merupakan teknik untuk membuat perlukaan pada tubuh. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang baik fisik maupun psikis.

Menurut ahli bedah plastik dan spesialis bedah craniofacial, dr Enrina Diah, SpBP, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Kondisi badan harus optimal. Tekanan darah dan detak jantung dalam kondisi baik, tidak mengalami flu atau kondisi badan yang menurun.

2. Mereka yang memiliki penyakit, semisal tekanan darah tinggi, gula darah tinggi (diabetes), gangguan detak jantung, hingga penyakit kronis lainnya, harus berkonsultasi dulu dengan dokternya sebelum melakukan operasi.

3. Merokok dan minum minuman beralkohol akan mengubah tekstur kulit, sedangkan untuk menjalani operasi plastik, kondisi kulit Anda harus dalam keadaan normal. Karena itu mereka yang punya kebiasaan merokok dan minum alkohol harus menghentikan kebiasaan mereka minimal 2 minggu sebelum operasi.

4. Mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan China juga harus menghentikan pengobatannya, karena obat-obatan tersebut dapat membekukan aliran darah atau mengganggu kelancaran aliran darah.

5. Anda harus melakukan medical check up, dan memperbanyak minum air putih.

6. Mempersiapkan diri secara psikis untuk menghadapi paska operasi, karena terkadang hasil yang kita bayangkan tidak selalu 100 persen terjadi.

7. Puasa makan dan minum minimal 6 jam sebelum operasi, agar tidak terjadi muntah di meja operasi karena pengaruh obat bius. 

8. Mempersiapkan mental untuk menghadapi pergaulan sosial. Untuk operasi rekonstruksi rahang, contohnya. Karena wajah akan berubah, kadang-kadang Anda bahkan diharuskan mengganti kartu identitas (KTP, paspor, dan lain-lain).

9. Mental yang kuat juga harus disiapkan untuk menghadapi teman-teman atau keluarga yang mungkin tidak mengenali Anda paska bedah plastik. Belum lagi -mungkin- menghadapi cemoohan orang yang menganggap Anda tidak mensyukuri pemberian Tuhan.

10. Persiapan paska operasi lainnya, atau yang dikenal dengan penyembuhan yang bertahap, serta bersiap untuk merasakan nyeri yang cukup lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com