Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hypnobreastfeeding, Agar Ibu Mudah Menyusui

Kompas.com - 19/01/2010, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Hamil, melahirkan, dan menyusui adalah kodrat seorang perempuan. Namun terkadang saat-saat yang indah itu menjadi menakutkan, terutama bagi perempuan yang pertama kali menjadi ibu. Tak jarang mereka tertekan dan menjadi takut tak dapat memberikan ASI untuk bayi yang baru dilahirkannya. Imbasnya, mereka pun betul-betul mengalami kesulitan dalam menyusui. ASI hanya sedikit, atau sama sekali tidak keluar, menjadi problem umum kaum wanita.

Apa yang bisa dilakukan agar kehamilan menyenangkan dan tidak menjadi beban?

''Yang penting adalah ketenangan pikiran. Pikiran tenang ini penting untuk menghasilkan ASI yang cukup,'' tutur Lanny Kuswandi, pakar hypnobirthing dan hypnobreastfeeding saat ditemui Kompas Female di Pro V Clinic.

Prinsip terapi hypnobreastfeeding dilakukan sama seperti hypnobirthing. Namun tujuannya untuk memberikan ketenangan saat akan menyusui. ''Hypnobreastfeeding adalah upaya alami menanamkan niat ke pikiran bawah sadar kita, untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk kepentingan bayi,'' paparnya.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah ASI? Caranya adalah yakin bahwa Anda bisa menyusui bayi secara eksklusif tanpa tambahan susu formula. Hal ini bisa diperoleh dengan memikirkan hal-hal positif yang dapat menimbulkan rasa kasih kepada si bayi.

''Dengarkan suara bayi, perhatikan dengkuran nafasnya. Maka akan terjadi baby bonding atau rasa sayang  yang akan memicu hormon endorfin (hormon yang membuat ketenangan, RED) sehingga tubuh pun tidak tegang,'' tambah Lanny.

Jika sudah terbangun niat positif dari si ibu, maka pikiran akan semakin tenang, seluruh sel akan semakin sehat, dan produksi ASI cukup untuk kebutuhan bayi sampai usia 6 bulan. ''Sebenarnya bayi bisa disusui eksklusif hingga dua tahun. Sebab otak bayi mengalami perkembangan paling pesat di usia tersebut,'' imbuhnya.

Hindari hal-hal yang bisa mengurangi ASI seperti rasa khawatir, stres, rasa nyeri saat menyusui, dan rasa ragu bahwa Anda bisa menyusui bayi secara eksklusif.

Di klinik, sesi hypnobreastfeeding hanya diberikan satu kali saja. Setelah itu pasien bisa mencoba sendiri di rumah. Masuklah ke dalam ruangan yang tenang, nyalakan musik untuk relaksasi, aroma therapy, dan panduan relaksasi otot, nafas, dan pikiran.

Mirip dengan hypnobirthing, kita juga menggunakan pikiran bawah sadar dengan mengistirahatkan alam atau jiwa sadar kita. Proses ini dilakukan dengan teknik relaksasi. Pikiran bawah sadar kita akan membimbing kita untuk melakukan hal seperti percaya diri bahwa kita bisa menyusui. 

Selain di Pro V Clinic, Lanny juga memberikan pelatihan hypnobirthing dan hypnobreastfeeding di RS Bunda, Menteng, dan RS Budi Asih, Serang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com