Muda Lagi Berkat Terapi Hormon Pertumbuhan

Kompas.com - 20/01/2010, 09:58 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam pengobatan anti-aging terkini, tak hanya hormon estrogen yang digunakan untuk terapi sulih hormon, tapi juga human growth hormone atau hormon pertumbuhan.

Pada anak, hormon ini digunakan selama masa pertumbuhan agar tubuh bisa tumbuh makin besar dan tinggi. Pada usia dewasa, hormon ini memasok stamina, memperkuat daya ingat, dan membantu kulit tampak segar. Dengan hormon ini, tubuh jadi lebih sehat, terbentuk, tidur lebih nyenyak, tulang jadi kuat, serta masa otot meningkat.

Phaidon Toruan, dokter dari Antiaging & Executive Fitness Center, di Kemang, yang juga pendiri Perkumpulan Awet Sehat Indonesia (PASTI), bilang, terapi ini telah digunakan dokter anti-aging sejak tahun 1960-an.

Nama bekennya lazarus effect. Terapi ini dapat mengembalikan vitalitas seseorang seperti ketika masih muda. Phaidon mengingatkan, terapi ini tidak bisa sembarangan diterapkan, tapi harus melewati tes laboratorium dan dilakukan oleh dokter ahli. Maklum, efek samping terapi ini bisa menimbulkan hipertensi, penumpukan cairan, pembengkakan jaringan lunak, sampai risiko kanker. (Sanny Cicilia Simbolon/KONTAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.