Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Waspadai Kolam Renang!

Kompas.com - 26/01/2010, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto mengatakan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) bukan hanya menyerang orang miskin. Orang-orang kaya yang memiliki kolam renang juga diwanti-wanti mewaspadai penyakit ini.

"Mereka yang memiliki kolam renang, akuarium, sepatutnya lebih waspada terhadap gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk-nyamuk penyebar virus DBD itu bisa berkembang biak pada kolam renang, akuarium," ucap Prijanto di Jakarta, Selasa (26/1/2010).

Bulan ini diperkirakan sebagai puncak musim hujan. Genangan-genangan air bersih merupakan tempat subur bagi berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk. "Yang bahaya itu sebenarnya jentik-jentik nyamuk aedes aegypti. Jika dalam satu genangan air terdapat 100 jentik maka akan ada 100 nyamuk dewasa. Oleh sebab itu, kita harus memberantas jentik-jentik itu sedini mungkin," terangnya.

Usaha memberantas jentik nyamuk terus digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta, salah satunya dengan terus menjalankan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). "DKI terus menggalakkan program PSN meliputi 3M yaitu menutup, menguras, dan mengubur tempat-tempat yang bisa dijadikan penampungan air," ucap Prijanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com