Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Jamu Jangan Sembarangan!

Kompas.com - 01/02/2010, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat hendaknya berhati-hati terhadap banyaknya tawaran pengobatan alternatif dan herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

"Banyak herbal bermanfaat tetapi belum diteliti secara klinis manfaatnya. Penggunaan berbagai obat-obatan dan herbal tidak dapat sembarangan. Yang menjadi masalah ialah herbal yang dicampur dengan zat aktif tertentu," ujar Prof Wimpie Pangkahila, spesialis andrologi dan seksologi dalam acara dialog mengenai Seks dan Kualitas Hidup yang Menyenangkan Walaupun Usia Bertambah yang diselenggarakan tabloid Gaya Hidup Sehat, Senin (1/2).   

Salah satu cara mendeteksi keberadaan campuran zat aktif dalam herbal antara lain dengan mengamati kecepatan berkhasiatnya. Herbal biasanya tidak berkhasiat secara cepat, jika terjadi demikian, patut dicurigai adanya tambahan zat aktif. Untuk menjamin tidak adanya zat tambahan, tanaman berkhasiat dapat digunakan secara langsung.

Namun, masih dipertanyakan jumlah yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek terapi dan tetap aman. Dia menyarankan, penggunaan herbal sebaiknya dengan berkonsultasi dengan dokter yang menangani penyakit pasien tersebut.

Wimpie mengatakan, agar mendapatkan seksualitas dan kualitas hidup sehat salah satunya dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pola makan sehat, berolah raga cukup dan teratur, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan beristirahat cukup merupakan kunci menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

Selain itu, mereka yang telah menderita gangguan seperti diabetes dan hipertensi secara teratur mengonsumsi obat di bawah pengawasan dokter. Untuk menjaga kesehatan, minimal melakukan pemeriksaan kesehatan setahun sekali jika tidak ada keluhan dan gangguan khusus.   

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com