Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Baru dari Yoyok "PADI"

Kompas.com - 05/02/2010, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada sesuatu yang baru dari Yoyok (34), drummer PADI. Bukan pacar baru, apalagi istri baru, melainkan proyek musik baru.

Di luar PADI, selain sudah menjadi produser musik dan pencipta lagu untuk album soundtrack film Kambing Jantan, Yoyok akan segera merilis proyek solonya yang diberinya nama WHY_O'2. "Dalam bahasa Inggris, (kata) WHY kalau dibaca sama dengan (huruf) Y. Y ditambah O jadi YO. Pakai angka 2, berarti YO dibaca dua kali, jadi YOYO. Namaku kan Yoyok," jelas pemilik nama lengkap Surendro Prasetyo ini, yang tampil pada acara Marketing Gathering Kompas Gramedia 2010, Kamis (4/2/2010) malam, di X2, Plaza Senayan, Jakarta.

Dalam proyeknya tersebut Yoyok beraksi sendirian sebagai drummer. Ia memainkan drumnya untuk sebuah repertoar yang terdiri dari sejumlah lagu yang disusun dan diprogramnya ke dalam sequencer. "Kolaborasi drummer dan DJ sudah banyak. Misalnya, yang dilakukan oleh Tommy Lee (mantan drummer band Motley Crue) dengan DJ Aero (ketika main di Jakarta dan Bali pada 2008). Aku bikin yang lain, main sendiri," tuturnya. "Musik dari lagu-lagu itu bisa apa saja, R&B juga bisa," sambungnya.

Kata Yoyok, ia berencana memasarkan proyek barunya itu lewat internet. "Sekarang, untuk memasarkan musik, enggak harus lewat format fisik (CD dan DVD). Aku akan memasarkan lagu-lagu itu lewat internet. Aku juga akan menggunakan QR Code," ujarnya. "Video clip juga enggak harus ada. Kalau ada, bagus. Kalau enggak ada, enggak apa-apa. Kaya gini, penampilan saya dalam acara ini (marketing gathering) kan di-shoot, hasil shoot-nya saya masukkan ke youtube," lanjutnya.

Tapi, kata Yoyok lagi, tetap saja ia mendahulukan kegiatannya bersama PADI. "Proyek ini akan kurilis kalau album baru PADI sudah selesai digarap dan dirilis," ucapnya.

***
Dalam acara Marketing Gathering Kompas Gramedia 2010, yang diadakan di X2, Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2010) malam, Yoyok bermain drum dengan pukulan dinamis dan powerful untuk sembilan lagu nge-beat, yaitu "Free Ur Life", "Welcome In", "Beautiful Life", "5th Day", "9 Hours", "In and Out of Love", "Don't Lie to Me", "Are You Ready", dan "I Like to Watch". Cuma tiga lagu yang bukan ciptaannya, yaitu, "Beautiful Life", "In and Out of Love", dan "I Like to Watch".

Aksi Yoyok berfungsi dua dalam acara tersebut. Pertama, untuk mempertontonkan karyanya. Kedua, untuk mengiringi mereka yang hadir nge-dance. "Ini pertama kali aku menampilkan proyek ini dengan lagu sebanyak ini," ujarnya. Sejumlah sexy dancer bergoyang melengkapi penampilan Yoyok.          

Setelah Yoyok, giliran DJ Milinka menggoyang dengan musik yang digelindingkannya. Namun, Yoyok tak menyebut pertunjukan itu sebagai duetnya dengan Milinka. "Aku enggak berduet dengan dia. Aku main sendiri (untuk sembilan lagu). Setelah itu, untuk masuk ke sesi DJ, aku tetap main untuk nyamain beat sampai dia mulai nge-DJ," jelas Yoyok. (ATI)                                      

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com