Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Usia Matang Tetap Perlu Kontrasepsi

Kompas.com - 11/02/2010, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Hamil di atas usia 35 tahun identik dengan meningkatnya berbagai risiko kehamilan dan persalinan. Oleh sebab itu, wanita berusia matang diminta tetap menggunakan alat kontrasepsi mengingat risiko kehamilan tetap besar.

Secara alamiah, semakin bertambah usia, kemampuan tubuh wanita untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron akan menurun. Itu sebabnya, kesuburan akan menurun seiring bertambahnya usia. Meski begitu, seorang wanita tetap dapat hamil pada usia 30-an, 40-an, bahkan di usia 50-an.

Tingginya angka aborsi di Inggris beberapa tahun terakhir ini terutama pada wanita usia 40-an tahun diduga karena mereka tak siap hamil dan anggapan di usia tersebut mereka tak mungkin hamil lagi.

Aborsi tersebut juga dilakukan antara lain karena alasan cacat janin yang sering terjadi pada kehamilan wanita berusia matang. Oleh sebab itu, pemerintah Inggris  sedang menggalakan kampanye penggunaan kontrasepsi untuk wanita hingga usia menopause demi mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Menurut Julie Bentley dari lembaga keluarga berencana Inggris, hampir seluruh metode kontrasepsi bisa digunakan untuk wanita berusia 35 tahun ke atas. "Banyak yang kaget mendapati dirinya hamil. Semula mereka menganggap haid yang tidak datang sebagai gejala premenopause, padahal karena sedang hamil," katanya.

Berdasarkan kurva kesuburan, wanita memasuki usia paling subur pada usia 20-35 tahun. Namun kemungkinan hamil tetap tinggi pada perempuan berusia 30-34 tahun memiliki tingkat fertilitas tertinggi, yakni 113,1 kelahiran per 1.000 wanita. Meski demikian angka kelahiran pada wanita usia 40-an meningkat tajam beberapa tahun belakangan ini, khususnya di negara maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com