Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada Kentang Goreng, Mending Baked Potato

Kompas.com - 15/02/2010, 07:46 WIB

KOMPAS.com - Anda selalu berusaha makan kenyang, supaya tidak loyo saat bekerja di kantor. Tetapi kenapa ya, Anda masih gampang sakit? Anda mudah terkena flu, pusing, sariawan, dan yang paling menyebalkan, berat badan Anda terus naik.

Mungkin karena makanan tinggi kalori yang Anda konsumsi selama ini kurang bergizi, atau bahkan tidak mengandung gizi sama sekali. Makanan seperti ini disebut makanan berkalori kosong. Pola makan berkalori kosong dapat menyebabkan pertambahan berat badan, malnutrisi, diabetes, dan kondisi kesehatan lain.

Di lain pihak, makanan yang berkalori rendah biasanya tinggi kadar nutrisinya, demikian menurut Adam Drewnowski, direktur Center for Public Health and Nutrition di University of Washington. Dengan begitu banyaknya pilihan makanan di toko maupun restoran, Anda mungkin akan kesulitan memilihnya. Namun Anda bisa mengurangi makanan yang tak bergizi itu dengan mengenali, makanan apa sih yang harus dihindari, dan apa alternatifnya.

Langkah 1
Hindari minuman berkadar gula tinggi seperti soda atau punch. The New York City Department of Health and Mental Hygiene memperkirakan bahwa minuman soda dalam kemasan 600 ml bisa mengandung 16 sendok makan gula! Anda tentu sudah tahu apa risiko konsumsi gula yang berlebihan, yaitu obesitas, diabetes, penyakit jantung, stroke, radang sendi, dan kanker. Air putih adalah pilihan terbaik. Bila tidak, Anda masih bisa kok minum susu rendah lemak, atau teh herbal yang diberi madu.

Langkah 2
Batasi konsumsi jus sebanyak satu gelas saja sehari. Lebih baik, makan buah segar untuk memenuhi kebutuhan asupan serat harian. Buah segar mengandung lebih sedikit kalori daripada jus.

Langkah 3
Awali hari dengan sarapan oatmeal atau telur rebus, dan sepotong buah. Pancake, waffle, atau pastry sebaiknya dihindari.

Langkah 4
Saat nafsu ngemil mulai muncul, tahan diri Anda untuk tidak mampir ke minimarket untuk membeli keripik. Sebagai gantinya, kudap wortel mentah, brokoli, timun, atau sayuran segar lain yang renyah ketika dikunyah.

Langkah 5
Memang paling berat ketika tiba-tiba ada kiriman donat, cookies, atau jajanan pasar manis lain di kantor. Untuk memuaskan keinginan makanan yang manis, tetaplah kembali ke buah-buahan segar.

Step 6
Gantikan beras putih dan roti putih, atau makanan yang diproses untuk membuang seratnya, dengan nasi merah dan roti gandum. Kedua jenis makanan ini lebih kaya vitamin, mineral, dan serat.

Step 7
Makanlah makanan yang dikukus atau dipanggang, dan hindari makanan yang digoreng dengan minyak yang berkalori nol.

Langkah 8
Selalu ingat bahwa kentang goreng adalah musuh terbesar Anda. Lebih baik, konsumsi kentang panggang lengkap dengan kulitnya. Anda bisa mencari resep baked potato seperti yang ada di restoran favorit Anda itu. Taburi kentang dengan keju dan brokoli.

Langkah 9
Masukkan lentil dan kacang-kacangan yang padat gizi ke dalam sayur asem yang Anda masak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com