Inilah Petunjuk Obesitas Anak

Kompas.com - 15/02/2010, 10:09 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com — Petunjuk terjadinya obesitas atau kegemukan anak selama hidupnya dapat dilihat sebelum anak berusia dua tahun. Salah satu tandanya adalah peningkatan berat badan yang cepat.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 100 anak dan remaja yang mengalami obesitas menunjukkan, setengah dari anak-anak itu mengalami kelebihan berat badan saat berusia 24 bulan dan 90 persen obesitas pada usia lima tahun. Seperempatnya bahkan mengalami kegemukan sebelum usia lima bulan.

Di negara-negara maju, masalah obesitas telah menjadi perhatian serius para praktisi kesehatan karena gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh kelebihan bobot tubuh ini. Di Inggris, sekitar 27 persen anak menderita obesitas.

Meski peningkatan berat badan yang cepat pada masa kanak-kanak belum dipahami penyebabnya, pemberian makanan padat yang lebih dini, pola makan yang buruk, dan minimnya aktivitas fisik diduga memberikan kontribusi.

Para peneliti seperti dilaporkan dalam jurnal Clinical Pediatrics menyebutkan, pola makan anak sudah terbentuk sebelum anak berusia dua tahun. Oleh karena itu, mengubah kebiasaan makan anak di usia lebih besar dianggap lebih sulit.

John Harrington, ketua peneliti dari Eastern Virginia Medical School, mengatakan, hasil tersebut seharusnya menjadi ”peringatan dini” bagi dokter dan juga orangtua agar menanamkan pola makan sehat sedini mungkin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.